Sempat Kosong, Kini 3 Jenis Vaksin Kembali Tersedia di Poso

0
Foto: dr.Taufan Karwur

POSO, POSONEWS – Dinas Kesehatan Poso mengklaim telah terjadi kekosongan tiga jenis vaksin di Kabupaten Poso sepanjang bulan  Januari 2022. Namun kini ketiga jenis vaksin tersebut telah kembali tersedia untuk siap diberikan epada masyarakat.

Ketiga jenis vaksin yang diketahui sempat kosong di Kabupaten Poso tersebut yakni vaksin jenis Moderna, Pfizer dan Astrazeneca. Padahal ketiga jenis vaksin ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mendapatkan dosis Booster sebagai vaksin lanjutan pelengkap tahap tiga.

Kepala Dinas Kesehatan Poso dr Taufan Karwur yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya keksongan ketiga jenis vaksin itu terjadi pada Januari 2022.

- Advertisement -

“Ini  terjadi disebabkan karena memang masa penggunaannya telah habis pada akhir bulan Januari kemarin,” terang Taufan Karwur Senin (14/02) tanpa merinci jumlah dari masing masing jenis vaksin yang maksud.

Menindak lanjuti hal itu, Dinkes Poso menurut Taufan langsung melakukan langkah koordinasi dengan Pemrov Sulteng terkait persoalan tersebut.

“Untuk saat ini, ketersediaan stock ketiga vaksin ini sudah tersedia kembali dan siap disitribusikan untuk segera digunakan oleh masyarakat. Kita terus berupaya semoga semua vaksin ini bisa terdistribusi sebelum masa penggunaannya berakhir,” akunya.

Disinggung soal stok vaksin jenis sinovac yang jumlahnya masih berkisar 6 ribu dosis, Kadis Kesehatan Taufan memastikan bahwa penggunaan jenis vaksin tersebut difokuskan untuk anak usia 6-11 tahun.

“Upaya vaksinasi terus kita lakukan termasuk pemberian vaksin Sinovac pada anak usia sekolah dasar dan berharap semua bisa digunakan sebelum masa kadaluarsanya berakhir,” pungkasnya. DM

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here