Delis Tegaskan Desa Lembontonara Layak Jadi Percontohan Bagi Desa Lainnya

0
Foto: Bupati Morut Delis j Hehi saat memberikan potongan tumpng kepada Kepala Desa Lembontonara dan ibu (Dok.Samuel)

LEMBONTONARA, POSONEWS – Desa Lembontonara Kecamatan Mori Utara  Kabupaten Morowali Utara (Morut), merayakan ulang tahun ke-50 secara meriah dengan berbagai kegiatan, Rabu (2/2/2022).

Ulang tahun emas tersebut dihadiri sejumlah pejabat penting di antaranya Bupati Morut Delis Julkarson Hehi, Kapolres Morut AKBP Ade Nuramdani SH SIK MH, Ketua DPRD Morut Hj Megawati Ambo Asa, Camat Mori Atas Yesirdam Balirante, Camat Mori Utara Yeslian Soade, dan sejumlah undangan lainnya.

Sebelum memasuki Balai Desa Lembontonara tempat acara resmi berlangsung, Bupati Delis meresmikan Taman Ekonomi Kreatif Mergo Trisno yang berada di sekitar lapangan sepak bola setempat.

- Advertisement -

Kepala Desa Lembontonara Mohamad Sobirin secara singkat menjelaskan perjalanan desa ini hingga memasuki usia emas 50 tahun.

Ia mengakui untuk tiba pada kondisi saat ini dilalui dengan perjuangan berat dengan tekad bulat untuk memperbaiki kesejahteraan dan kehidupan sehari-hari.

Desa yang berada di jalan poros utama antara Desa Tiwaa dan Tomata itu kini berkembang luar biasa. Dari daerah tandus kini berkembang menjadi desa yang produktif.

“Kini kita merayakan HUT ke-50 dengan tekad menjadikan Lembontonara lebih berkembang lagi menuju desa emas, elok, maju, agamis, dan sejahtera,” jelas Kades Sobirin.

Bupati Morut Delis Julkarson Hehi mengakui Desa Lembontonara termasuk salah satu desa terbaik di Morut, baik pembangunan infrastruktur maupun pertumbuhan Ekonomi masyarakat.

Pencapaian hari ini, kata bupati, tidak terlepas dari keuletan dan kerja keras semua masyarakat, pemerintah desa dan elemen lainnya, untuk bangkit dari keterpurukan.

Sebab, jika melihat sejarah perjalanan desa ini 50 tahun lalu, sebagian besar transmigran dari Bali, Madura, dan sebagian Jawa, memili kembali ke kampung halamannya karena beratnya perjuangan hidup di Lembontonara.

“Apa yang dibacakan Ketua Badan Permusyawatan Desa (BPD) tadi, menggambarkan begitu beratnya perjuangan hidup saat itu,” kata bupati.

Namun saat ini, desa ini telah berkembang pesat dari segala aspek kehidupan. Desa ini mengalami kemajuan luar biasa dan layak menjadi contoh bagi daerah lainnya.

“Kini sejarah mencatat bahwa orang-orang yang memilih bertahan di desa ini adalah orang-orang yang terus berjuang di tengah kesulitan, maka merekalah yang meraih kesuksesan,” ujar bupati disambut tepuk tangan meriah.

“Hari ini kita menyaksikan wajah yang sangat maju, bahkan desa ini merupakan yang termaju di Kabupaten Morowali Utara,” tambahnya.

Bupati mengungkapkan, salah satu bukti kemajuan yang riil di Desa Lembontonara saat ini bisa disaksikan langsung. Rumah-rumah penduduk merata, hampir semua permanen. Yang tidak permanen bisa dihitung dengan jari.

“Ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi desa lainnya untuk bisa belajar tentang kesuksesan Desa Lembontonara,” kata Bupati Delis.

Dalam rangkaian HUT ke-50 Desa Lembontonara ini juga digelar Pekan Olahraga Desa (Pordes) yang diikuti cukup antusias masyarakat setempat. (MC/CHEM)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here