Komda Alkhairaat Perkuat Amaliyah Guru Tua Lewat Dauroh Aswaja

0
123
Ketua Komda Alkhairaat Poso, Ibrahim Ismail saat membuka kegiatan Dauroh Aswaja di Masjid Baitul Makmur Desa Maranda (Foto:dokumen PD. HPA Poso)

PosoNews.id, Poso- Komisariat Daerah (Komda) Alkhairaat Kabupaten Poso membuka acara Dauroh Ahlusunnah Waljama’ah (Aswaja) yang dirangkaikan dengan Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD) Himpunan Pemuda Alkhairaat (HPA).

Giat yang bertajuk ‘Membumikan Amaliyah Aswaja di Bumi Sintuwu Maroso Poso’ itu, digelar di Desa Maranda, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (28/1/2022).

Ketua Komda Alkhairaat, Ibrahim Ismail S.Ag, M.H.I menyebutkan, bahwa ada sekelompok aliran yang mencoba untuk mengganggu kehadiran Alkhairaat, dengan mengharamkan serta membidah-bidahkan apa yang sudah menjadi amaliyah Alkhairaat.

Sehingga, keberadaan Alkhairaat di Desa Maranda seakan terasa asing. Padahal, eksistensi Alkhairaat di desa ini bukan lagi suatu lembaga atau organisasi yang baru.

“Namun, problematika beragama itu akan kami jawab melelui Dauroh Aswaja ini. Sehingga generasi muda bangsa kita ke depan, dapat tumbuh menjadi generasi muda Islam yang memiliki kedalaman ilmu pengetahuan tinggi,” ujarnya.

Dijelaskannya, sejak Alkhairaat didirikan di kota Palu 1930 silam, Habib Idrus Bin Salim Aljufri pendiri utama Alkhairaat atau yang sering disapa Guru Tua itu, melakukan perjalanan dakwahnya hingga kepelosok-pelosok, termasuk salah satunya di Desa Maranda. Artinya, keberadaan Alkhairaat di desa ini sudah tidak asing lagi.

Namun demikian masih ada juga sekelompok orang yang masih membidahkan amaliyah Alkhairat, padahal pendiri Alkhairat itu sendiri merupakan cucu keturunan Rasulullah SAW yang ke 35.

“Olehnya, dengan adanya kegiatan ini kami berharap, anak anak kita nanti akan menjadi pemimpin bagi umat yang akan datang,” harapnya.

Setidaknya sambung Ibrahim, bisa menjadi pemimpin bagi dirinya, keluarga serta masyarakat pada umumnya. Dan tidak mustahil akan lahir generasi generasi yang akan memperbesar lembaga Alkhairaat di desa ini.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Maranda Ariani Parangi mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan Dauroh yang sudah di fasilitasi Komda Alkhairaat Poso.

“Saya sangat bersyukur, karena baru sebulan saya menjabat sebagai pemerintah desa, ketua Komda datang menyampaikan ke saya akan melaksanakan Dauroh dan LKD di desa ini,” ungkapnya.

Oleh karena itu, bagi orang tua maupun anak anak yang mengikuti acara ini mohon untuk betul-betul mengambil ilmu dari apa yang akan disampaikan oleh para ustad-ustad nantinya.

“Dauroh Aswaja ini merupakan suatu kajian dalam mencari ilmu untuk meningkatkan kadar wawasan Keislaman kita,” tukasnya.

Diketahui, kegiatan ini diikuti para Badan Otonom (Banom) Alkhairaat. Terdiri dari Himpunan Pemuda Alkhairaat (HPA), Banaat Alkhairaat, Wanita Islam Alkhairaat (WIA), Ikatan Alumni Alkhairat (IKAAL), Persatuan Guru Alkhairaat (PGA) serta warga Desa Maranda.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here