Bupati Geram Ada Tiga Puskesmas Terlantar dan Belum Difungsikan

0
121
Foto: Bupati Morut Delis J Hehi saat melakukan inspeksi mendadak di Dinas Kesehatan Morut (Dok.MC)

MORUT, POSONEWS – Bupati Morut Delis Julkarson Hehi geram saat mengetahui ada tiga bangunan Puskesmas yang tidak selesai dikerjakan. Karenanya Bupati meminta agar tiga bangunan Puskesmas yang terlantar karena tidak selesai dikerjakan itu harus  segera diperbaiki dan dimanfaatkan.  

Ketiga Puskesmas itu masing-masing Puskesmas Anutoluwu Tiu, Puskesmas Tomata Mori Atas, dan Puskesmas Panca Makmur Soyojaya.

Hal itu diketahui Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Dinas Kesehatan Daerah Morut, Selasa (4/1/2022).

Dalam sidak itu ikut pula Wakil Bupati H. Djira K, Asisten I Victor Tamehi, dan Staf Khusus Bupati Yalbert Tulaka.  Ketiga Puskesmas itu dikerjakan pada tahun anggaran 2020. Namun karena lemahnya perencanaan, biaya bangunan tidak mencukupi sehingga tidak tuntas dikerjakan.

Bupati minta agar masalah ini segera dicarikan solusinya agar bangunan itu tidak tambah rusak.  “Kita harus berani mengalihkan anggaran untuk kepentingan yang lebih mendesak,” tegas bupati.

Ia juga minta agar bangunan Puskesmas yang terbengkalai itu dihitung kembali biayanya agar bisa dicarikan solusinya.

Selain bangunan Puskesmas, Bupati Morut juga menyoroti Rumah Sakit Pratama di Baturube, Kecamatan Bungku Utara, yang juga belum dimanfaatkan hingga saat ini.

Ia minta agar Plt Kadis Kesehatan Morut Paltarim Balirante M.Kes dan Sekretaris Adipurwanto Pribadi, M.Kes yang juga hadir saat itu segera menghitung kebutuhan pegawai, dokter, sarana dan prasarana, serta kebutuhan lainnya.

Bupati mengungkapkan selain tiga Puskesmas dan RS Pratama, masih ada beberapa Puskesmas yang juga bermasalah sehingga belum bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Diingatkan pula agar obat-obatan dan sarana prasarana kesehatan lainnya yang masih berada di kabupaten agar segera didistribusikan ke Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu).

“Mulai saat ini tidak usah kita melihat ke belakang. Mari kita bersama-sama meningkatkan pelayanan sesuai tugas dan tanggung jawab kita masing-masing,” ujarnya.

Dalam pertemuan dadakan itu, Bupati mengingatkan bahwa Dinas Kesehatan merupakan ujung tombak kesuksesan visi misi Morut Sehat, Cerdas dan Sejahtera (SCS).

“Tidak mungkin orang cerdas kalau sakit-sakitan, juga tidak akan sejahtera kalau tidak sehat. Jadi dinas ini sangat penting dalam pencapaian visi misi SCS ini,” tegas bupati.

Setelah dari Dinas Kesehatan, Bupati dan Wabup Morut serta rombongan melanjutkan sidak ke kantor Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, dan terakhir ke Dinas Sosial. CHEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here