Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Poso Tembus 70,45 Persen

0
206
dr.Taufan Karwur dan AKBP.Rentrix Riyaldi Yusuf

POSO, POSONEWS – Hingga hari terakhir di tahun 2021, jumlah warga yang sudah divaksin covid-19 di Kabupaten Poso, Sulteng berhasil menembus 70,45 persen. Prosentase ini tentu sesuai dengan target pemerintah pusat yang menargetkan cakupan vaksinasi minimal mencapai 70 persen hingga penghujung tahun ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso dr.Taufan Karwur mengatakan, pencapaian target diatas 70 persen tersebut tentu merupakan hal yang sangat mengembirakan bagi pemerintah daerah dan Forkopimda Kabupaten Poso yang sudah bekerja keras  selama satu tahun terakhir dalam memenuhi target vaksinasi nasional.

“Hasil yang kita lihat hari ini tidak terlepas dari kerja keras luar biasa yang sudah ditunjukkan oleh semua pihak. Mulai dai pemerintah daerah dan semua stake holder yang ada. Utamanya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Poso yang sudah menyadari pentingnya vaksinasi. Poso saat ini sudah melampuai 70 persen, tepatnya sejak Kamis (30/12) malam ,” sebut dr.Taufan Karwur, Jumat (31/12/2021).

Karena itu iapun mengucapkan terima kasih kepada Bupati Poso, Wakil Bupati Poso, Sekkab Poso, Kapolres Poso, Dandim 1307 Poso, Kajari dan semua lembaga yang telah mensupport pencapaian target vaksinasi di Kabupaten Poso, seperti BIN Daerah Sulteng, alumni ITB, dan sejumlah organisasi masyarakat lainnya.

“Yang terutama juga kepada semua Puskesmas dan tenaga vaksinator yang tak kenal lelah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Yang sudah bersinergi menyiapkan vaksinasi dan tenaga medis. Juga kepada gerai gerai vaksinasi yang dibuka Polres Poso di sejumlah wilayah. Karena meski hari libur pelayanan vaksinasi tetap berjalan. Semuanya bahu membahu dan bekerja sangat keras dan luar biasa,” beber dr.Taufan Karwur.

Terkait pencapaian vaksinasi diatas 70 persen, Kapolres Poso AKBP.Rentrix Riyaldi Yusuf yang dihubungi mengaku bangga dengan hasil yang dicapai. Iapun mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Polri/TNI, para Kapolsek dan Babinkamtibmas yang telah bekerja ekstra dalam membuka gerai gerai vaksin dalam memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat.

“Terima kasih juga atas peran serta seluruh masyarakat Kabupaten Poso yang sudah lebih menyadari pentingnya vaksinasi untuk membentuk herd immunity agar terhindar dari paparan virus covid-19,” ujarnya.

Ditambahkan dr.Taufan Karwur, dalam satu bulan terakhir, capaian vaksinasi di Kabupaten Poso melebihi 20 persen. “Karena biasanya dalam satu bulan rata rata pencapaian kita antara 5 hingga 10 persen. Namun dalam satu bulan terakhir ini kita semua benar benar kerja keras sehingga bisa mencapai 20 persen lebih khusus bulan Desember ini,” tandasnya.

Kendari begitu, pemerintah daerah Kabupaten Poso menurutnya, masih terus mengejar target 30 persen pada tahun 2022 mendatang.

“Kita harapkan sisa yang 30 persen bisa tercapai pada tahun 2022 mendatang. Sehingga tahun depan, semua warga Kabupaten Poso 100 persen sudah divaksin. Karena dengan vaksinasi maka akan terbentuk herd imunity masyarakat, sehingga akan terhindar dari ancaman virus  covid-19,” imbuhnya.

Hingga berita ini diturunkan, kegiatan vaksinasi masih terus berlangsung di semua wilayah Kabupaten Poso. Di Kecamatan Poso Kota Bersaudara, vaksinasi massal yang diprakarsai Polres Poso masih berlangsung di lapangan alun alun Sintuwu Maroso. Wilayah Poso Pesisir Bersaudara dipusatkan di Desa Tokorondo dan untuk Kecamatan Pamona Bersaudara, kegiatan vaksinasi masih berlangsung di Desa Tonusu.

“Jika semua data vaksinasi yang sedang berlangsung itu masuk, tentu prosentase kita akan bertambah lagi sampai menjelang akhir tahun ini,” pungkas dr.Taufan. ULY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here