Bersama PT. Mars Cocoa Desa Masewe Maju di Sektor Pertanian Kakao

0
137
Foto: Penyerahan bibit cokelat secara simbolis oleh PT. Mars Cocoa kepada masyarakat (Yanto)

MASEWE, POSONEWS – Lewat bidang pemberdayaan di sektor pertanian Pemerintah Desa Masewe, Kecamatan Pamona Timur, Kabupaten Poso mulai meningkatkan ekonomi di sektor pertanian dengan membagikan bibit Coklat 45 yang didampingi langsung oleh tim penyuluh PT. Mars Cocoa yang sesuai rencana akan melakukan pendampingan langsung ke kalangan masyarakat petani selama setahun penuh, sehingga kedepannya bisa menghasilkan tanaman kakao yang berkualitas.

Pembagian bibit Coklat 45 ini seluruhnya berjumlah 1.500 pohon masing masing kepala keluarga mendapat 60 pohon. Ini merupakan salah satu terobosan yang di lakukan oleh pemerintah desa yang bekerja sama dengan PT. Mars Cocoa yang bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

“Program penyaluran bibit ini akan ditindak lanjuti dengan pemberdayaan masyarakat lewat kerjasama melalui pendampingan khusus, mulai dari cara penanaman, pemupukan serta cara pemeliharaan oleh PT. Mars Cocoa,”tutur Pj.Kades Masewe  Dormas Manea.

Ia juga menambahkan, pengembangan tanaman kakao bertujuan agar masyarakat mampu mandiri serta bisa melahirkan petani petani yang berkualitas dalam memenuhi kebutuhan ekonomi kedepannya.

Kegiatan penyaluran bibit kakao ini diserahkan secara simbolis oleh kepala desa ke kalangan masyarakat yang disaksikan langsung oleh pihak pendamping PT. Mars Cocoa yang merupakan partner kerja di bidang pertanian, sehingga program desa dapat berjalan sesuai yang direncanakan.

“Setiap program harus ada tindak lanjutnya. Jangan membiarkan program hanya sebatas program saja agar nantinya desa itu dapat maju baik dari segi pembangunan dan sektor pertaniannya,” pungkas Dormas. YAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here