Pemdes Bo’e Rampungkan Pembangunan JUT Mudahkan Petani Angkut Hasil Panen

0
80
Foto: Proyek Penghamparan JUT Kaburu yang telah rampung dikerjakan (Dok.PN)

BO’E, POSONEWS – Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) di desa Bo’e Kecamatan Pamona Selatan sudah rampung dikerjakan. JUT ini dibuat agar memudahkan petani untuk mengangkut hasil pertanian mereka.

Pj. Kepala Desa Bo,e Jony Narays Simpontu. S.Sos mengatakan, proyek hamparan Jalan Usaha Tani diprogramkan oleh pemerintah desa sebagai prasarana transportasi di kawasan pertanian untuk memperlancar seluruh aktivitas pertanian. Mulai saat masa tanam, pengangkutan pupuk sampai mengangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat pengolahan.

Menurut Kades, rencana pembangunan JUT ini sudah diprogramkan dari tahun 2020. Proses pekerjaannya sudah mulai dikerjakan sehingga di tahun 2021 ini tinggal melanjutkan ketambahan volume yang sudah dikerjakan. Sebelum JUT ini dibuat, petani harus berjalan kaki sekitar satu kilometer untuk mengangkut hasil panennya menuju jalan yang bisa diakses kendaraan.

“Lahan pertanian di desa ini sangat luas bahkan petani yang lahannya di ujung untuk mengangkut hasil panennya harus dipikul dan berjalan sekitar kurang lebih satu kilometer. Waktu mengangkut pupuk juga begitu,” ujar Pj. Kades Jony Narays Simpontu S. Sos belum lama ini.

Pembuatan jalan usaha tani (JUT) yang berlokasi di dusun 1 wilayah Kaburu menelan anggaran Dana Desa sebesar Rp 61,320 juta serta memiliki panjang 600 meter sudah rampung di kerjakan bahkan manfaatnya sudah dapat dirasakan oleh kalangan masyarakat petani.

“Pembuatan JUT di lokasi dusun 1 Kaburu ini sudah dapat dirasakan manfaatnya sehingga akses perekonomian masyarakat berupa hasil pertanian dengan mudah dapat dikeluarkan tanpa dipikul lagi,” tutup Jony Narays. YAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here