SMSI Poso Segera Terbentuk

0
259
Suasana rapat pembentukan pengurus SMSI Kabupaten Poso (Foto:Ishaq Hakim)

PosoNews.id, Poso- Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Kabupaten Poso dalam waktu dekat akan segera di kukuhkan oleh pengurus SMSI Provinsi Sulteng.

Hal itu berdasarkan laporan langsung Ketua SMSI Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Mahmud Matangara.

Dikatakannya, sementara ini yang sudah dalam pembentukan kepengurusan SMSI adalah di Kabupaten Poso. Dan setelahnya akan segera menyusul kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Sulteng.

“Nantinya, usai dikukuhkannya SMSI di Poso, menyusul beberapa kabupaten lain yang ada di Provinsi Sulteng untuk membentuk kepengurusannya, salah satunya di Kabupaten Morowali Utara,” kata Mahmud saat berada di Poso bersama pengurus SMSI Kabupaten Poso, (29/10/2021).

Menurutnya, pembentukan pengurus SMSI dibeberapa kabupaten itu, sebagai upaya untuk memberikan wadah bagi pers online di kabupaten, guna melakukan pembinaan dan peningkatkan peran media dalam mendukung pembangunan di daerah.

“Nah, dengan adanya SMSI ini juga dapat mewadahi media media online di Poso agar dapat mematuhi regulasi pers,” sebutnya.

Selain itu kata Mahmud, SMSI juga bisa melakukan kerjasama nantinya dengan PWI, untuk melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebagai upaya mendukung pers yang sehat sesuai dengan program Dewan Pers.

Sejak awal berdirinya SMSI ini, selalu konsisten untuk meningkatkan kehidupan pers yang sehat, sesuai dengan regulasi UU Pers nomor 40 tahun 1999 dan peraturan Dewan Pers.

“Ini dilakukan agar informasi yang disajikan media online mematuhi kode etik dan tidak sekedar menjadi media iklan saja,” ungkapnya.

Sementara, Ketua PWI Poso Rusli Suwandi mengapresiasi rencana pembentukan SMSI di Poso. Dengan harapan, kedepan PWI dan SMSI mampu bersinergi membangun iklim pers yang sehat, serta mendorong wartawan untuk lebih profesional dalam bekerja.

“Kami berharap dengan hadirnya SMSI di Poso, akan menjadi wadah para wartawan untuk bisa meningkatkan SDM pers yang sehat, sekaligus menjadi wadah mendukung pembangunan di Kabupaten Poso,” tandasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here