Forum TBM Safari Buku Tana Poso di Tamanjeka

0
189

PosoNews.id, Poso- Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sintuwu Maroso (Sinmar) Poso bersama Dinas Perpustakaan Kearsipan Kabupaten Poso, melakukan Safari Buku Tana Poso di Dusun Tamanjeka, Desa Masani Kecamatan Poso Pesisir, Selasa (5/10/2021).

Ketua TBM Poso Agus Saleh mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sebenarnya sudah lama diagendakan. Hanya karena terkendala dengan diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Poso, sehingga kegiatan ini tertunda.

“Sebenarnya sejak Henry Gamalia Padaga masih menjabat sebagai kepala dinas, kegiatan ini sudah diagendakan. Cuman karena pada waktu itu Poso masuk PPKM level 4 sehingga kegiatan tersebut ditunda. Sekarang Kabupaten Poso sudah turun level jadi kegiatan baru bisa kita laksanakan,” ujar Kaka AL pangilan akrab Agus Saleh.

Ada pun kunjungan itu, kata Kaka AL, diisi dengan kelas Psikososial kepada adik adik yang berada di Dusun Tamanjeka. Seperti, games edukasi, bercerita/mendongeng dan membaca buku.

“Adik adik di Tamanjeka sangat senang atas kunjungan kita ini. Alhamdulillah kita juga dibantu Dinas Perpustakaan dengan mobil Pusling (perpustakaan keliling), sehingga banyak buku buku bacaan yang bisa mereka baca, dan kami juga dalam kegiatan ini menyerahkan satu dos buku bacaan serta meja belajar anak, ” sebut Kaka AL.

Setelah ini, lanjut Kaka AL, akan banyak agenda lainnya yang di lakukan Forum TBM Sinmar Poso. Diantarannya, melakukan safari buku ke wilayah Napu dan Safari Buku Keliling Danau Poso.

Dia mengungkapkan, bahwa Forum TBM Sinmar Poso sendiri mendapatkan donasi buku dari kawan-kawan yang peduli dalam gerakan literasi. Selain itu dari Dinas Perpustakaan juga akan memberikan buku yang akan di rolling setiap 6 (enam) bulan sekali, kepada TBM Bukit Indah Tamanjeka yang di kelola oleh Karisma dan kawan-kawan muda Tamanjeka.

“Kami akan terus berusaha dengan segala keterbatasan yang kami punya. Dan setiap perjalanan Safari Buku, akan ada donasi buku untuk mereka. Dengan tujuan, untuk mendekatkan buku ke setiap orang dan mendorong gerakan gemar membaca buku,” tukasnya.

Diketahui, program Safari Buku yang dilakukan oleh Forum TBM Sintuwu Maroso ini telah dikukuhkan Wakil Bupati Poso, M. Yasin Mangun sejak bulan lalu.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here