Arsip Kepemiluan Disimpan di Perpustakaan Daerah Poso

0
231

PosoNews.id, Poso-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Jumat (24/9/2021).

Hal itu sebagai bentuk pertanggung jawaban publikasi terkait dengan literatur kepemiluan. Yaitu, dokumen dan arsip kepemiluan yang selama ini hanya berada di KPU Poso.

Olehnya, kata Wilianita, lewat kerjasama ini dokumen dokumen tersebut akan di serahkan ke Dinas Perpustakaan sebagai bentuk pertanggung jawaban publik dan pengelolaan arsip.

“Jadi, kalau mau cari laporan tentang kepemiluan, itu tidak hanya di KPU saja. Tetapi juga bisa dicari di Perpustakaan daerah,” ungkap Wilianita selaku Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

Dikatakannya, ini juga merupakan tindak lanjut KPU Poso yang sudah dilakukan oleh KPU RI bersama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

“Mereka disana sejak lama sudah melakukan kerjasama ini. Jadi segala arsip kepemiluan disimpan di Perpustakaan ANRI,” jelasnya.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri Asisten II mewakili Bupati Poso, perwakilan KPU Provinsi, Dinas Perpustakaan Daerah serta Komisioner dan jajaran KPU Kabupaten Poso.

Dalam penandatanganan kesepahaman ini disaksikan pihak Pemkab Poso. Agar Pemkab Poso juga tahu bahwa arsip-arsip itu bisa di akses di Perpustakaan Daerah tidak hanya di KPU.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here