World Clean Up Day Oleh Anak Muda Poso

0
222

PosoNews.id, Poso- World Clean Up Day atau hari bersih-bersih sedunia dilaksanakan pada tanggal 19 September setiap tahunnya hampir di seluruh penjuru dunia.

Terlihat anak-anak muda di Poso yang tergabung dari lintas komunitas dan sukarelawan, turut berpartisipasi menggelar aksi bersih-bersih di lokasi proyek jembatan Kabose. Diantaranya, Kandepe Topelinja, Poso Youth Movement, Maroso Gampisani, Forum TBM Poso, Tana Poso (Media Partner), Generasi Tegal Peduli, Apnea Poso, Pilar Institute dan Komunitas Pasepo, Minggu (19/9/2021).

Aksi bersih-bersih itu, dikerjakan secara kolektif sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan oleh anak-anak muda Poso.

Tempat tersebut menjadi salah satu pilihan, karena di sepanjang pinggiran jembatan yang juga berbatasan langsung dengan laut, terlihat begitu banyak sampah-sampah yang berserakan, mulai dari sampah plastik hingga sampah pakaian.

Diketahui, sampah sampah itu berasal dari laut lepas dan dari muara sungai yang terbawa arus hingga sampai ke tepian jembatan.

Tempat tersebut mulai ramai dikunjungi warga. Namun, satu hal yang miris ketika ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab mengotori tempat itu dengan sampah-sampah makanan mereka.

Olehnya, di hari bersih bersih sedunia ini, para partisipan yang melakukan aksi tersebut berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Poso untuk mengangkut sampah hingga ke TPA.

Aksi yang dimulai sejak pagi itu, membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Disepanjang pinggiran Jembatan Kabose mulai terlihat lebih bersih dari sebelumnya.

Salah seorang partisipan mengungkapkan, jika fasilitas publik yang penuh dengan sampah selalu dianggap urusan pemerintah, maka daerah ini tidak akan bersih.

“Dan kami tegaskan bahwa aksi yang kami lakukan ini, sama sekali tidak ada hubngannya dengan politik. Ini semata mata karena kecintaan kami terhadap lingkunga yang bersih serta menginginkan kota Poso menjadi kota yang bersih dari sampah,” tegas Partisipan.

Laporan: Crue

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here