Bupati Touna Lantik 25 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

0
110

PosoNews.id, Touna- Sebanyak 25 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna (Touna) dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Tojo Una-Una (Touna) Mohammad Lahay. Pelantikan dilakukan Kamis (2/9/2021) di Gedung Auditorium Kantor Bupati Touna. Ke 25 Pejabat Tinggi Pratama yang dilantik yaitu Rizal C. Panjili S.E, M.Si sebagai Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Rusmin Labudu S.Sos sebagai Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, Mohamad Isa Ashar Latimumu, S.H-Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sutrisno Lasawedi, S.Sos, M.Si-Kepala Dinas Sosial, Drs. Hambia Soetedjo-Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Haerul Willah, S.Sos, M.Si-Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Burhanudin Lahay, S.Ag, M.Si-Kepala Dinas Perhubungan dan Alimudin Muhammad, S.E, M.Si-Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup.

Selanjutnya, Drs. Aston U. Madilau, M.Si-Kepala Dinas Informasi dan Informatika, Daeng Mario Pawadjoi, S.H, M.Si-Inspektur Inspektorat Daerah, Ir. Muhamad Nur Rahmad, M.Si-Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Drs. Abdul Agfar Patanga, M.H-Kepala Badan Pendapatan Daerah, Nawatsara Panjili, S.E, M.Si-Asisten Perekonomian dan Pembangunan Daerah, Drs. Fery Moch Indra Sabu M.M-Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan, Perekonomian dan Pembangunan dan Herlina Leonita Sandewa, S.H, M.H-Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Selain itu, Ir. Muh Idrus. M.T-Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Rahmad Basri, S.Pi M.Si-Kepala Dinas Perikanan, Dra. Javanet Alfari, M.Ap-Kepala Dinas Kesehatan, Ir. Dalfiah-Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Surya, S.Sos, M.Si-Sekretaris DPRD dan Alfian Matajeng, S.P, M.Ap Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah. Drs. Muhamad Kusno AR Atilu-Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Marni Mangun, S.H-Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Muhamad Ilyas, S.T, M.Si-Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Sovianur Kure, S.E, M.Si-Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.

Bupati Mohammad Lahay dalam sambutannya menyampaikan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat yang di istansi pemerintahan merupakan bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta merupakan bagian dari pola pembinaan karir kepegawaian.

“Pengembangan karir pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih di utamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik, agar tetap berjalan dengan baik dan terutama berkaitan dengan kegiatan prioritas pembangunan,” ucap Bupati.

Bupati mengungkapkan, sehubungan dengan proses pembinaan kepegawaian di Kabupaten Touna, tentunya mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang menajemen Pegawai Negeri Sipil yang merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang ASN, sekaligus sebagai komitmen untuk penyelenggaraan menajemen ASN.

“Pengaturan menajemen ASN melalui Peraturan Pemerintahan, bertujuan untuk menghasilkan ASN yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, praktik KKN dalam rangka pelaksanaan tugas pelayanan publik serta tugas pemerintahan dan pembangunan,” ungkap Bupati.

Olehnya kata Bupati, selaku pejabat pembinan dirinya mempunyai kewenangan untuk menetapkan pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian ASN serta menajemen ASN di istansi Pemerintahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Meskipun demikian dirinya masih melakukan pertimbangan berdasarkan pada obyektivitas kepangkatan, kompetensi, kinerja dan pengalaman yang tentunya sejalan dengan tim penilai kinerja kepegawaian. Hal ini sekaligus menjelaskan proses pengambilan keputusan dan pembinaan menajemen dan karir pegawai sepenuhnya mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Bupati.

Lanjut kata Bupati, rotasi pelantikan dan pengambilan sumpah 25 Pejabat ini untuk menindak lanjuti hasil evaluasi kinerja, tes kompetensi dan tes kesesuaian yang telah diikuti Pejabat Tinggi Pratama pada tanggal 22 s/d 27 Juni 2021 lalu.

“Pelantikan ini juga telah mendapat rekomendasi dari Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara dengan surat Nomor B-2381/KSN/07/2021 tanggal 09 Juli 2021 dan persetujuan Mentri Dalam Negeri Nomor 821/4555/23 Agustus 2021,” lanjut Bupati.

Bupati juga mengatakan, bahwa jabatan adalah amanah, jabatan adalah kepercayaan untuk itu kepada pejabat yang baru dilantik dan diambil sumpah, saya ucapkan selamat bekerja dengan harapan bahwa saudara mampu membuktikan kemampuan saudara-saudara dan menjukan prestasi kinerja yang baik dimasa yang akan datang.

“Selamat bertugas ditempat yang baru dan cepat beradaptasi dilingkungan tempat tugas yang baru serta jadikan pengelaman jabatan yang sebelumnya sebagai sarana intervensi dan evaluasi peningkatan kinerja di masa yang akan datang,” ujar Bupati.

Bupati berharap seluruh pejabat agar mengambil peran bersama dengan komponen pemerintahan lainnya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

“Saya berharap setiap pejabat menjadi pelopor dalam keluarga dan lingkungan tempat kerja dalam menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan dan saling mengingatkan diantara satu dengan lainnya,” pesannya.

Bupati juga mengajak kepada seluruh pejabat baik yang dilantik dan yang hadir agar senantiasa menunjukan dedikasi, loyalitas dan kinerja yang tinggi.

Hadir dalam pelantikan ini, Wakil Bupati Touna, Ilham Lawidu, SH, Ketua DPRD Kabupaten Touna, Hi. Mahmud Lahay, SE, M.Si, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Touna, Drs. Syarif, MAP, Ketua TP-PKK Kabupaten Touna, Ny. Femmy Luther Lahay, SKM serta tamu undangan lainnya. (RHM/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here