Satreskrim Polres Poso Ringkus Pelaku Pencurian dan Pencabulan Seorang Remaja Putri

0
378
Foto: Wakapolres Poso Kompol. Basrum Sychbutuh, SH didampingi Kabag Ops Kompol. Nurhadi dan Kasat Reskrim Iptu. Dicky Surbakti saat menggelar keterangan pers dihadapan wartawan terkait pengungkapan kasus pencurian dan pencabulan Rabu (25/8/2021) (Foto: Rusli)

POSO, POSONEWS – Kepolisian Resor Poso melalui Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) berhasil mengungkap 2 (dua) kasus pencurian serta kasus pencabulan yang terjadi pada seorang remaja putri yang masih dibawah umur.

Dalam keterangan persnya Rabu (25/8/2021) di Mapolres Poso kemarin, Wakapolres Poso Kompol. Basrum Sychbutuh, SH yang didampingi Kabag Ops Kompol. Nurhadi dan Kasat Reskrim Iptu. Dicky Surbakti menjelaskan, dua kasus pencurian yang berhasil diungkap Satreskrim Polres Poso terjadi di dua lokasi berbeda.

“Kasus pencurian pertama terjadi di wilayah Poso Pesisir dan kasus kedua terjadi di Kelurahan Bonesompe Kecamatan Poso Kota Utara,” ungkap Wakapolres sambil menunjukkan sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan.

Dari dua kasus pencurian tersebut, polisi berhasil mengamankan para pelaku masing masing EJ dan AN dengan barang bukti diantaranya, satu unit Laptop, handphone android dan alat pertukangan berupa mesin Gerinda listrik  dari tangan pelaku.

Wakapolres menambahkan, dalam menjalankan aksinya pelaku memasuki rumah korban pada malam hari disaat rumah sedang kosong, sehingga pelaku dengan leluasa menjalankan aksinya.

“Namun untuk kasus kedua yang terjadi di Poso Kota, pelaku memasuki rumah saat penghuni rumahnya sedang tidur namun lupa mengunci pintu. Atau dengan kata lain, posisi pintu rumah dalam keadaan terbuka setengah, sehingga korban masuk dan berhasil mengambil barang berharga milik korban,” tambah Wakapolres Basrum.

Sementara Kasat Reskrim Polres Poso Iptu. Dicky Surbakti menambahkan, pelaku pencurian berhasil ditangkap berdasarkan laporan dari korban. “Atas laporan korban dan warga juga, polisi berhasil mengamankan pelaku di lokasi yang sering dijadikan tempat bermain,” tegas Dicky Surbakti.

Kedua pelaku pencurian dijerat dengan Pasal 363 ayat 1,3 dan 5, Junto Pasal 65 dengan ancaman hukuman 7 (tujuh) tahun penjara.

Selain kasus pencurian, Satreskrim Polres Poso juga berhasil mengungkap kasus pencabulan yang menimpa korban seorang remaja putri (18 tahun) yang masi dikategorikan dibawah umur.

Kasus pencabulan terjadi di Pantai Tri Mulya Desa Kilo Kecamatan Poso Pesisir Utara pada 20  April 2021 silam.  Pelaku kata Wakapolres dijerat dengan Pasal 81 ayat 1 junto pasal 76d dan Pasal 82 ayat 1 Junto pasal 76e UU  Nomor 35 tahun 2014  tentang perubahan atas UU nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

“Korban adalah seorang pelajar warga Desa Kalora Kecamatan Poso Pesisir Utara yang pada saat kejadian masih berusia 17 tahun,” tambah Wakapolres Kompol. Basrum.

Sementara pelaku menurutnya berinisial Z (19) yang berprofesi sebagai salah seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Poso. “Pelaku dan korban diketahui masih ada hubungan pacaran,” tutupnya.

Baik pekaku pencurian maupun pencabulan telah berhasil diamankan Satreskrim Polres Poso untuk mempertanggung jawabkan seluruh perbuatannya. LEE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here