Petani Touna Disarankan Tanam Jagung Ketimbang Nilam

0
243
Muh. Nur Rahmat

TOUNA, POSONEWS – Fenomena petani di Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, yang ramai-ramai beralih fungsi lahan menanam nilam menjadi perhatian khusus Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemda Tojo Unauna.

Menurut Kepala Dinas Muh. Nur Rahmat merupakan komuditas yang tidak disarankan untuk ditanam karena tak masuk dalam program pemerintah disektor pertanian penanaman PAJALA (padi, jagung, kedelai).

Namun pihaknya tak berwenang melarang petani menanam nilam. “Itu hak petani, mau tanam apa saja dilahan mereka Pemda tak bisa larang, asalkan jangan tanam ganja aja,” ujar Nur Rahmat, Jumat.

Hanya saja, katanya sangat disayangkan jika ada petani mengalihkan fungsi lahan jagung ke tanaman nilam. Kalau disuruh memilih, Nur menyarankan petani lebih baik menanam jagung.

Sebab jagung komuditas andalan Touna yang selama ini mendapat bantuan benih dari pemerintah kabupaten, propinsi dan pusat dan ditetapkan kestabilan harganya.

Sementara nilam bukan varitas yang harus dibantu, dan kestabilan harga tak dijamin pemerintah. Karenanya, banyak tengkulak yang mempermainkan harga nilam.

Contohnya pada awal-awal tanaman nilam boming harganya mencapai Rp 700-900 ribu satu liter. Tapi sekarang turun sampai Rp 300 ribu perliternya.

“Hukum pasar berlaku, jika produksi melimpah harga pasti turun, itu juga yang terjadi pada tanaman nilam. Sementara jagung karena berkurang yang menanam harganya juga mulai naik menjadi Rp 4.500 perkilogramnya,” jelasnya.

Lagipula tanaman nilam membawa dampak buruk bagi kesuburan tanah. Sebab, akar serabut dari pohon nilam dapat menutupi pori pori tanah yang membuat tanaman lain tidak bisa tumbuh.

Kecuali saat memanen nilam dilakukan dengan cara mencabut pohon dengan akar-akarnya. Atau lahan bekas tanaman nilam dibajak kembali sampai akarnya sisa pohon nilam mengering.

Selain itu, usaha penyulingan nilam juga dapat berdampak bagi kerusakan lingkungan. Seperti pembuangan limbah serta pembabatan hutan untuk mencari kayu memasak ditungku penyulingan. CND

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here