Tanah Milik Alkhairaat Kembali Digugat, Asri: Hal Itu Tidak Relevan dan Dipaksakan

0
239
Wakil Ketua Komda Alkhairaat Poso, Ustadz Asri Lakuntu

PosoNews.id, Poso- Wakil Ketua Komda Alkhairaat Kabupaten Poso, Ustadz Asri Lakuntu menilai bahwa tanah milik Alkhairaat yang kembali digugat oleh Christina Mbayowo melalui kuasa hukumnya tidak relevan dan seakan dipaksakan.

Menurutnya, apa yang menjadi dasar hukum dari tuntutan dalam gugatan itu tidak berkaitan, begitu juga unsur formil dalam hal ini objek tanah tersebut.

“Menurut kami, tanah milik Alkhairaat yang digugatnya itu butuh konfirmasi lebih lanjut dan rinci. Dan itu harus disampaikan oleh kuasa hukumnya saat persidangan nanti,” imbuhnya.

Diketahui, Pemprov Sulteng berdasarkan kewenangannya sudah menghibahkan tanah bersertifikat tersebut ke Yayasan Alkhairaat.

“Tentunya hal itu dilakukan berdasarkan pertimbangan sebagaimana Undang-Undang No. 16 Tahun 2001 tentang yayasan, sebagaimana diubah dengan UU No. 28 tahun 2004 dan PP No. 63 tahun 2008 sebagai pelaksana UU tersebut,” ujarnya.

Apa lagi, pada tahun 2012 pemerintah telah mengeluarkan PP Nomor 2 (dua) tentang hibah daerah. Kemudian payung hukumnya dikuatkan lagi dengan Surat Edaran Mahkama Agung (SEMA) nomor 10 tahun 2020.

“Kalau berdasarkan aturan tersebut tentunya kepemilikan tanah itu sudah jelas milik Alkhairaat,” ucapnya.

Ada pun terhadap pihak yang membela dan membenarkan Christina Mbayowo dalam kasus ini, Ustadz Asri menegaskan seraya mengutip sirah sahabat Umar Al-Faruq dalam memutus hukum terhadap seorang Yahudi dan Amirul Mukminin. Kemudian Umar membenarkan seorang Yahudi atas kepemilikan tanah miliknya.

“Sirah tersebut menurut saya adalah spirit bagi penegak hukum dan saya setuju. Tetapi jika Sirah ini dijadikan pembenaran bagi pihak tertentu yang mendukung dan membela, maka saran saya siapapun dia sebaiknya istigfar dan bermuhasabah. Sebab pada prinsipnya tidak boleh menggunakan Dalil pada sesuatu yang bukan porsinya dan tidak bersesuaian substansinya,” tandasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here