Dukung Kelompok Perempuan Desa Malitu, Ketua DPRD Poso Dorong Anggaran Responsif Gender

0
351

PosoNews.id, Poso- Yayasan Sikola Mombine mengadakan Workshop penguatan dan peningkatan kapasitas kepemimpinan perempuan di Desa Malitu Kecamatan Poso Pesisir Selatan Kabupaten Poso, Sulteng, Senin (24/5/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong Desa Malitu sebagai salah satu pilot project Desa Responsive Gender yang ada di Kabupaten Poso.

Giat yang bertajuk “Mendorong Anggaran Desa yang Responsive Gender” itu, dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Poso, Sesi K.D Mapeda, Dinas DP3A Kabupaten Poso, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Poso, Camat Poso Pesisir Selatan, Kepala Desa Malitu serta tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Kabupaten Poso, Sesi K. D. Mapeda dalam sambutannya mengatakan, akan berkomitemen dalam mendukung peran perempuan baik secara Politik, Ekonomi dan Budaya.

“Olehnya, kami dan Pemkab Poso akan menjadikan Desa Malitu menjadi salah satu desa prioritas dalam mendukung dan memajukan program-program pengembangan ekonomi. Khususnya pengembangan ekonomi perempuan. Ini juga bagian dari sikap optimis kita bersama dalam menghadapi era 4.0 kali ini yang menjadi tantangan kita bersama,” terang Sesi.

Tentunya kata Sesi, ini merupakan tugas yang tidak mudah. Butuh kerja sama dan pemahaman yang baik dan memiliki sisi keberlanjutan. Sehingga apa yang diharapkan menjadi capaian dan cita-cita bersama.

Dia meminta agar perempuan Poso terus berusaha serta memiliki daya kreasi yang inovatif untuk majunya daerah Kabupaten Poso.

Untuk diketahui, Yayasan Sikola Mombine ini merupakan lembaga non pemerintah yang bekerja dan berkomitmen untuk mendorong kepemimpinan perempuan serta mengadvokasi kebijakan yang responsive gender di Sulteng.

Sejak tahun 2008 Yayasan Sikola Mombine, telah bekerja bersama kelompok Balai Belajar Kampung (BBK) yang tersebar di 8 (delapan) wilayah Desa dan Kelurahan di Kabupaten Poso, salah satunya ialah di Desa Malitu.

Program ini juga didukung oleh US Embassy Kuala Lumpur x Tech Soup Asia Pasifik dan dilaksanakan oleh Alumni Program YSEALI-Workshop Good Governance and Civil Society bekerjasama dengan Yayasan Sikola Mombine, Pemerintah Desa Malitu serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Poso.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here