Satgas Opster Ajak Warga Buat Usaha Mandiri di Rumah

0
90
Foto: Kegiatan sosialisasi pembuatan kue bagi ibu ibu di Kelurahan Tegalrejo agar bisa mandiri dan meningkatkan ekonomi keluarga dimasa Pandemi yang digelar Satgas Opster Poso. (Dok.Satgas)

POSO, POSONEWS –  Dimasa Pandemi Covid-19 ini cukup banyak pekerja yang terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) oleh perusahaan, akibat pendapatan yang menurun. Karena tak mau melihat kondisi ekonomi masyarakat semakin terpuruk, Satgas Opster memanfaatkan fenomena itu dengan melakukan sosialisasi usaha kecil mikro dan menangah (UMKM) kepada ibu ibu yang berada di Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Poso Kota Utara Selasa (18/5/2021).

Bentuk sosialisasi yang dilakukan yakni dengan mengajaran para ibu dan wanita untuk bisa membangun usaha mandiri dari rumah. Salah satunya dengan mengajarkan cara membuat kue bolu dan kue kering yang biasa disuguhkan disaat hari raya, tempat pesta dan disaat acara kedukaan. Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Pasiter Kodim Kapten CZI Muh. Basir M.

Dalam sambutannya Pasiter Kodim Kapten CZI Muh. Basir M menyampaikan tujuan dari diadakannya sosialisasi UMKM ini agar masyarakat yang ada di Tegalrejo bisa membuat usaha mandiri dan bisa mengisi waktu luang serta dapat membantu perekonomian Keluarga.

“Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat dapat membuat usaha mandiri mengisi waktu luang dan bisa juga membantu  perekonomian keluaraga,”  ujar Pasiter.

Salah satu masyarakat yang ikut dalam kegiatan sosialisasi UMKM Ibu Lala (41) menyampaikan kegiatan seperti ini sangat bermanfaat karena dapat mengajarkan masyarakat untuk membuat usaha sendiri agar dapat membantu perekonomian keluarga.

“Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat seperti kami. Karena secara tidak langsung mengajarkan kami untuk membuat usaha mandiri di rumah, contohnya ibu-ibu rumah tangga bisa mengisi waktu yang kosong dengan membuat kue. Mereka yang dari awalnya tidak tahu cara membuat kue jadi tahu cara membuatnya, karena dijelaskan dari awal apa saja bahan yang diperlukan dan cara membuatnya,” ungkapnya.

“Saya juga berharap kegiatan sosialisasi seperti dapat terus dilakukan agar masyarakat mau mencoba membuat usaha sendiri tidak harus selalu membuat kue bisa juga dengan membuat masakan atau keterampilan yang lain, dan hasilnya bisa kita jual secara langsung atau melalu media sosial (Online),” tambahnya.

Kegiatan sosialisasi ini juga mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan dan menggunakan masker. Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. LEE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here