Penjabat Bupati Morut Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Nasional

0
136
Foto: Penjabat Bupati Morowali Utara Dr. Yopie Morya Imanuel Patiro, SH, MH melakukan pemeriksaan barisan dalam kegiatan apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (Dok.Kominfo Morut)

MORUT, POSONEWS –  Penjabat  Bupati Kabupaten Morowali Utara Dr. Yopie Morya Imanuel Patiro, SH, MH, didampingi oleh Kapolres Morowali Utara AKBP Bagus Setiawan, SH, SIK, MH, Asisten I Bid. Pemerintahan Drs. Victor Tamehi, Staf Ahli Bupati, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Drs. Nimrod Tandi, M.Si, Kasat Pol-PP dan Damkar Buharman Lambuli, S.Sos., beberapa perwakilan Kepala OPD serta para gabungan relawan bencana Kabupaten Morowali Utara, menghadiri apel kesiapsiagaan bencana di halaman kantor Bupati Morut, Senin (26/4/2021).

Apel siaga dipimpin oleh Penjabat  Bupati  dilanjutkan dengan pemeriksaan kendaraan dan peralatan yang akan digunakan oleh tim gabungan relawan penanggulangan bencana. Dalam kesempatan itu Penjabat Bupati juga melakukan uji alat peringatan yang ditandai dengan bunyi padengko dan sirine serta pembagian masker kepada anggota tim gabungan relawan penanggulangan bencana.

Dalam sambutannya Penjabat Bupati Morowali Utara Dr. Yopie Morya Imanuel Patiro, SH, MH, menyampaikan bahwa tanggal 26 April dipilih sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional karena pada tanggal tersebut adalah hari lahirnya UU No.24 Tahun 2007 yang merupakan produk hukum pertama yang mengubah paradigma penanggulangan bencana dari Responsive menjadi Preventive (pengelolaan resiko bencana).

Masyarakat diharapkan dapat mengenali ancaman bencana di sekitar kita dan dapat melakukan evakuasi mandiri ke tempat aman terdekat. Dengan meningkatnya budaya sadar bencana maka dapat mengurangi korban jiwa dan kerugian harta benda.

“Perlu strategi komprehensif untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan keluarga dan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana. Dapat dimulai dari unit terkecil dalam masyarakat yaitu keluarga sehingga setiap orang dapat menyelamatkan diri dari lingkungan sekitar apabila terjadi bencana.

“Pada kesempatan ini saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh komponen masyarakat dan lembaga pemerintah atas kesungguhan dan kerja keras dalam pengabdiannya demi kemanusiaan,” pungkasnya. CHEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here