Kapolsek Tojo Pimpin Evakuasi Barang Milik Warga Yang Terdampak Banjir

0
151

PosoNews.id, Touna – Banjir bandang melanda sejumlah desa di Kecamatan Tojo dan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-una, Kamis (18/2/2021).

Kapolsek Tojo Ipda Masdur Efendi mengatakan, banjir bandang diakibatkan hujan lebat yang mengguyur desa Mawomba, desa Tayawa dan pegunungan Desa Korondoda Kecamatan Tojo mengakibatkan air sungai Mawomba dan sungai Tayawa meluap hingga ke pemukiman warga.

“Karena arus sungai cukup deras dan tinggi, 5 rumah warga di desa Tawaya ikut terbawa arus sungai Tayawa”, ungkap Ipda Masdur.

“Sementara, rumah yang tergenang air di dua kecamatan tersebut berjumlah sekitar 203. Masing-masing 5 unit rumah di Desa Mawomba, 180 unit di Desa Tayawa, 17 unit di Desa Bahari dan 1 unit di Desa Korondoda”, lanjut Kapolsek.

Masih menurut Ipda Masdur, untuk total kerugian dampak banjir dari rumah yang tergenang air dan rumah hanyut diperkirakan -+ Rp 250.000.000,-.

“Alhamdulillah, dari hasil pantauan kami dilapangan sampai saat ini belum ada laporan untuk korban jiwa”, ucap Ipda Masdur.

Dipimpin oleh Ipda Masdur, personil Polsek Tojo, Koramil 1307-04 Tojo dan Satpol PP Kec. Tojo ikut membantu evakuasi barang-barang milik masyarakat yang terdampak banjir.

“Akibat banjir ini pasokan air bersih untuk desa Uekuli macet total disebabkan pipa air bersih patah yg melintas di jembatan Desa Tayawa”, tambah Kapolsek.

“Saat ini kami masih bersiaga ditempat kejadian untuk melaksanakan pengaturan arus lalulintas yang sempat macet di akibatkan air meluap ke jalan”, lanjut Ipda Masdur.

“Kami juga berkordinasi dengan karangtaruna Siaga bencana Desa Bahari, Desa Tayawa, Desa Lemoro dan Desa Gandalari Kecamatan Tojo untuk mengantisipasi banjir susulan”, tutup Kapolsek. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here