Terkonfirmasi Covid, Empat Unit Pelayanan RSUD Poso Ditutup

0
161
RSUD Poso (Foto:Ist)

PosoNews.id, Poso- Sebagian unit pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Poso untuk sementara ditutup. Hal itu dikarenakan adanya tenaga teknis kesehatan yang terkonfirmasi Covid-19.

Oleh karena itu, untuk memutus rantai penyebaran Covid 19 di RSUD Poso, maka dengan penuh pertimbangan, Pemkab Poso menyetujui permintaan pihak RSUD Poso untuk menutup beberapa unit pelayanan yang ada di RS Poso, sesuai surat permohonan direktur RSUD Poso Nomor 445/1736/RSUD POSO/XII/RSUD tanggal 18 Desember 2020.

Diketahui, unit pelayanan yang akan ditutup sementara selama kurang lebih 14 hari ke depan, terhitung mulai tanggal 20 Desember 2020 adalah Instalasi Gawat Darurat, Bedah sentral/Kamar operasi, Poliklinik/Rawat jalan dan Instalasi Pelayanan Radiologi.

Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin A. Sigilipu mengatakan, bahwa keputusan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah sudah melalui berbagai pertimbangan dan perembukkan dengan melibatkan semua pihak-pihak terkait.

Dengan adanya keputusan tersebut kata Bupati Darmin, kiranya masyarakat dapat memahami situasi dan kondisi yang sedang terjadi.

“Kalau tidak ada partisipasi dari masyarakat sendiri untuk memutus rantai penyebaran virus ini, tentunya akan semakin menyulitkan. Utamanya bagi para tenaga medis yang menjadi garda terakhir dalam penanganan virus yang masih melanda di berbagai belahan negara yang ada di dunia,” ujar Bupati.

Bupati berharap, agar masyarakat tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan dimana pun berada, dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir atau menggunakan hand sanitizer, memakai masker serta menjaga jarak dan sedapat mungkin menghindari kerumunan.

Selaku Kepala Daerah, Bupati Darmin menegaskan kepada semua masyarakat Kabupaten Poso agar dapat memanfaatkan fasilitas layanan kesehatan yang ada di Puskesmas, Rumah Sakit Sinar Kasih GKST Tentena dan RS TNI dr. Yanto.

Sementara itu, bagi tenaga kesehatan RSUD Poso lainnya yang memiliki kontak erat dengan tenaga kesehatan yang sudah terkonfirmasi, akan dilakukan SWAB PCR dan isolasi mandiri. Sedangkan untuk layanan Poli Covid dan Pelayanan Rawat Inap untuk pasien yang sementara dirawat masih tetap akan dibuka. (GP/SAQ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here