Bumdes Toini Diberi Suntikan Dana Rp 150 Juta

0
Baso Abas
- Advertisement -

PosoNews.id, Poso- Ditengah ekonomi masyarakat mengalami keterpurukan akibat virus corona yang melanda seluruh polosok tanah air, banyak usaha masyarakat mengalami kemerosotan. Untuk itu diperlukan solusi agar warga di desa bisa bergerak kembali ekonominya.

Hal tersebut disampaikan pelaksana tugas Kepala Desa Toini Kecamatan Poso Pesisir Baso Abas saat ditemui media ini Senin (1/12).

Menurutnya, untuk kembali menggairahkan sektor perekonomian masyarakat desa, pihaknya melalui rapat desa telah memutuskan untuk memberi suntikan dana segar bagi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada di Desa Toini sebesar Rp 150 juta melalui anggaran Dana Desa.

“Harapannya masyarakat yang ekonominya sedang merosot akibat pandemi ini bisa kembali bergairah dengan adanya suntikan dana tersebut. Masyarakat bisa memanfaatkan pinjaman dengan bunga lunak untuk mengembangkan usahanya,” imbuh Kades.

- Advertisement -

Ia juga mengatakan, Pemdes Toini juga berusaha melakukan evaluasi kepengurusan Bumdes yang ada. “Bila perlu mengganti pengurus Bumdes yang tidak mampu mengelola Bumdes secara profesional. Sebaliknya kita akan mengangkat pengurus yang mampu mengelola menajemen keuangan agar bisa mengelola usaha dengan baik dan benar, agar usaha itu bisa berkembang dengan pesat,” timpalnya.

Adapun j
enis jenis usaha yang dikelola oleh Bumdes Desa Toini saat ini bergerak dibidang peternakan ayam petelur, dengan jumlah ternak ayam kurang lebih 1.000 Ekor.

Selain itu disampaikan, saat ini usaha peternakan ayan petelur sudah mampu mendapatkan saldo keuntungan sebesar Rp 26 juta. “Sehingga Pemdes optimis kedepan usaha ayam petelur akan semakin berkembang di wilayah Kabupaten Poso pada umumnya,” pungkasnya. ARS

- Advertisement -