Antisipasi Bencana Alam, Polri -TNI dan Pemkab Touna Gelar Apel Konsolidasi dan Kesiapsiagaan

0
- Advertisement -

Kapolres Touna, AKBP Riski Fara Sandhy, saat memimpin apel gabungan konsolidasi dan kesiapsiagaan penanganan bencana alam, Jumat (6/11/2020) di halaman Mapolres Touna. Foto : Dokumentasi Humas Polres Touna

PosoNews.id, Touna – Sebagai bentuk antisipasi dan penanganan akan terjadinya bencana alam serta pandemi Coronovirus Disease 2019 pasca New Normal, pihak Kepolisian, TNI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tojo Una – Una (Touna) menggelar apel gabungan konsolidasi dan kesiapsiagaan penanganan bencana alam.

Kegiatan tersebut dilaksanakan, Jumat (6/11/2020) pagi, di halaman Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Touna dan dipimpin Kapolres Touna, AKBP Riski Fara Sandhy dengan unsur peserta upacara dari Babinsa Koramil 1307-05 dan 1307-07, Sabara Polres Tojo Una-Una, Satuan Brimob Marowo,
Satpol PP dan Damkar,
BPBD Touna dan PMI Kabupaten Touna.

- Advertisement -

Kapolres Touna, AKBP Riski Fara Sandhy dalam amanatnya menyebutkan, apel ini selain menjadi ajang konsolidasi juga sebagai ajang silaturrahmi dalam rangka mengantisipasi bencana alam tahun 2020.

“Kami Berharap Agar Warga Kabupaten Tojo Una-Una dapat membantu kami dalam melaksanakan tugas kedepannya demi terwujudnya kondisi Kamtibmas yang tertib aman dan damai, sehingga kita semua dapat melaksanakan aktifitas sesuai harapan kita semua,” ujar Riski yang baru empat hari menjabat Kapolres Touna ini.

Peserta Apel Konsolidasi dan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana, di halaman Mapolres Touna, Jumat (6/11/2020) Foto : Dok Humaas Polres Touna.

Selain itu kata Kapolres tujuan utama apel ini merupakan kegiatan antisipasi terjadinya bencana alam di daerah ini.

“Kita ketahui bersama wilayah Kabupaten Touna terbagi atas wilayah Kepulauan dan Daratan. Kita sebagai unsur Forkopimda hendaknya bersama sama bekerja dalam nenangani bencana, yang bisa saja terjadi di daerah kita ini dan diperlukan sinergitas bersama dalam mengantisipasinya,” ujarnya.

Kapolres menegaskan, kegiatan konsolidasi antisipasi bencana alam di Kabupaten Touna ini, merupakan kegiatan yang bersifat wajib dilaksanakan, guna mengetahui kesiapan seluruh aspek baik personil maupun sarana dalam menghadapi penanggulangan bencana jika terjadi.

Kapolres menyebutkan, saat ini dunia sedang jdihadapkan dengan adanya wabah penyakit Covid 19. Ini Juga merupakan suatu bencana yang sifatnya non alam.

Menurutnya, pandemi Covid-19 saat ini sangat berperangaruh terhadap perekonomian dunia dan tatanan perilaku kehidupan manusia dalam menjalankan aktifitasnya.

Unsur jajaran Personil Polri dari Polres Touna saat mengikuti apel konsolidasi dan kesiapsiagaan penanganan bencana alam di halaman Mapolres Touna, Jumat (6/11/2020). Foto : Dok.Humas Polres Touna.

“Kondisi cuaca di daerah ini terkadang hujan dan panas. Jika intensitas curah hujan tinggi, kita dihadapkan dengan adanya banjir. Hal ini lah yang harus kita antisipasi secara bersama-sama. Begitu pula dengan pandemi Covid-19, butuh sinergitas semua stakeholder, agar terus mengkampanyekan pola hidup bersih dan sehat serta terus mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dalam setiap aktifitas kita, dengan cara mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, memakai masker saat beraktifitas di luar rumah, menjaga jarak serta tidak berkerumun, sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di daerah ini,” tandasnya.

Pabung1307/Poso. Mayor Inf. David Lunta, Wakapolres Tojo Una Una, Kompol Suli Rudito, Danpos TNI AL, Letda Laut (S) Tatang Suprapto, Asisten III Sekda Kabupaten Touna, Hambiah Soetedjo, Kajari Tojo Una-Una, Muh Fadli Jauhari S.H, M.H, Danki Batalyon B pelopor Marowo, Iptu Suharyono, Kepala BPBD Kabupaten Touna, Muh Fadli, jajaran Perwira Polres Touna serta personil apel yang berjumlah sekira100 orang. (RHM)

- Advertisement -