P4D Unsimar Poso dan LPJK Untad Buka Pelatihan SKT dan SKA

0
Ketua panitia pelaksana kegiatan, Rachman Lamusu, ST, MM
- Advertisement -

PosoNews.id, Poso – Pusat Pengkajian Pengembangan Perdamaian (P4D) Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) Poso, bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi (LPJK) Universitas Tadulako (Untad) Palu, membuka pelatihan dan fasilitas SKT dan SKA bagi mashasiswa lulusan Sarjana Tehnik.

Tidak hanya itu, bagi masyarakat yang berkecimpung di dunia konstruksi pun dapat mengikuti pelatihan tersebut. Adapun yang dimaksud dengan SKT dan SKA yaitu, Sertifikat Keterampilan Kerja dan Sertifikat Keahlian Kerja.

Sementara, pembuatan SKT dan SKA ini dibutuhkan untuk keperluan jasa konstruksi. Dengan memiliki SKT atau pun SKA barulah seseorang dinyatakan telah memiliki keahlian dan keterampilan dalam sub bidangnya.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Rachman Lamusu, ST, MM mengatakan, ada beberapa poin yang harus diketahui. Yaitu, sebuah proyek bisa terhambat jika tim yang bekerja tidak memiliki sertifikat. Olehnya orang yang tergabung dalam proyek konstruksi harus memiliki sertifikat tersebut.

- Advertisement -

Dengan membuat sertifikat di jasa SKT dan SKA, sambung Rachman, dapat menjadi acuan industri konstruksi khususnya di Indonesia. “Kita dapat melihat kualitas industri konstruksi di Indonesia melalui sertifikat SKT atau SKA yang dimiliki,” ungkapnya.

Dijelaskan, membuat sertifikat keahlian melalui jasa SKT dan SKA adalah sebagai pertanggung jawaban kepada masyarakat, sebagai bukti yang sah atau kompetensi sebagai seorang tenaga ahli. Sehingga masyarakat akan mengakui kompetensi seorang tenaga ahli dalam bidang konstruksi.

Adanya sertifikat keahlian juga untuk memenuhi syarat Undang-Undang (UU). Karena, di Indonesia terdapat UU No 18 tahun 1999 yang mengatur tentang jasa konstruksi. Selain itu juga ada Keppres dan SK Menteri tentang pengadaan jasa konstruksi.

“Oleh karena itu, sebagai seorang tenaga ahli yang resmi, perlu memiliki sertifikat keahlian tersebut,” tandasnya.

Untuk mengikuti pelatihan dapat mendaftarkan diri anda di Sekretariat Unsimar Poso, Jalan P. Timor, Kelurahan Gebangrejo, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso, Sulteng. Kegiatan akan dilaksanakan Selasa, 30 Oktober 2020 dengan target peserta sebanyak 50 orang.

Adapun persyaratan pendaftaran yaitu, foto copy KTP, foto copy NPWP, foto copy ijasah terakhir, surat pernyataan bersedia mengikuti pelatihan, CV Biodata, pas foto berwarna dan referensi kerja peserta. (NDY).

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini