Tiga Kecamatan di Poso Masuk Zona Merah

0
431
Foto: Darmin Sigilipu

POSONEWS, Poso – Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu berharap untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat luas. Menyikapi cipta kondisi informasi terkait penanganan dan pemberlakuan daerah-daerah yang di kategori zona warna dalam Covid-19 di Kabupaten Poso.

Selaku Ketua Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso, Darmin Sigilipu banyak memberi penjelasan disetiap wilayah kecamatan berlabel warna.

Dari 19 kecamatan di Kabupaten Poso kata Darmin, ada tiga kecamatan masuk kategori zona merah yaitu Kecamatan Pamona Selatan, Poso Kota Utara dan Lore Utara. Ketiga wilayah kecamatan ditemukan orang terkonfirmasi positif corona.

“Bahwa daerah ini ditemukan adanya terkonfirmasi positif, serta ditemukan adanya penularan beberapa cluster, lokal serta penularan yang juga tidak diketahui sumbernya,” jelas Ketua Gugus Tugas Covid-19 Darmin Sigilipu, saat konferensi pers di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso, Rabu 03/06-2020.

Sedangkan kecamatan masuk zona berwarna kuning katanya, merupakan kasus sporadik dimana terdapat satu atau beberapa kasus importen atau penularan secara lokal.

Ada dua kecamatan masuk di zona kuning. “Untuk zona kuning yakni wilayah yang ditemukan kasus ODP, PDP dan OTG hanya di Kecamatan Poso Pesisir dan Poso Kota,” terangnya.

Sementara untuk zona jingga atau orange kata dia, tentu didasarkan pada cluster yang ada dimana wilayah ini didominasi dengan adanya penularan lokal yang berkaitan dengan rantai penularan dan terakhir

“Orange masuk pada wilayah ditemukannya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan 1 cluster yang tidak terdapat penularan lokal yakni Kecamatan Lore Timur dengan kategori cukup berat,” jelas Purnawirawan Marinir berpangkat Kolonel itu.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 lebih menjelaskan bahwa dari 19 kecamatan di Kabupaten Poso, kategori zona hijau lebih banyak mendominasi, dimana zona hijau yang tidak terdapat kasus terlapor di wilayah itu.

“Seperti Lore Barat, Selatan, Tengah, Peore, Poso Pesisir Utara, Selatan, Pamona Utara, Tenggara, Barat, Puselemba, Timur, Lage dan Poso Kota Selatan,” jelasnya.

Lebih jelas katanya, untuk wilayah Kabupaten Poso sendiri yang lebih banyak didominasi oleh zona hijau, tidak ditemukan kasus ODP, OTG, PDP dan tidak adanya kasus terkonfirmasi Covid-19. SON/GP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here