Satu PDP Poso yang Dirawat di Palu, Hasil Swab Terkonfirmasi Positif

0
268
Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Poso, dr. Marwan Neno, FOTO : DOK POSONEWS.ID

POSONEWS, Poso – Satu dari lima warga Kabupaten Poso, Sulawesi tengah (sulteng)  yang berstatus PDP dan tengah dirawat di Palu, dinyatakan terkonfirmasi positif dan empat lainnya  negatif.

“Dari lima PDP Poso yang dirawat di Palu setelah dilakukan hasil Swab PCR tanggal 9 Mei 2020, empat dinyatakan negatif dan satu terkonfirmasi positif corona,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Poso, dr. Marwan Neno, Rabu (13/5/2020) di Poso saat dihubungi wartawan melalui sambungan telephone dari posko jurnalis Poso liputan covid-19.

Marwan menyebutkan, dengan adanya satu PDP Poso yang dirawat di palu terkonfirmasi posirif corona, jumlah Pasien terkonfirmasi postif untuk Kabupaten Poso bertambah menjadi enam orang. Sebelumnya jumlah pasien terkonfirmasi positif sebanyak lima orang.

“Iya betul pak, dari lima orang sekarang bertambah satu, dan sudah enam orang yang terkonfirmasi virus corona,” kata Marwan.  

Marwan mengatakan, satu PDP yang terkonfirmasi covid-19 itu yakni Tn.Sai (34) warga Desa Banyusari, Kecamatan Lore Utara dengan riwayat pernah ikut kegiatan keagamaan di Kabupaten Gowa, Sulsel.

Marwan menjelaskan, saat ini  satu pasien terkonfirmasi covid-19 masih dilakukan perawatan di RSUD Anutapura Palu, sementara empat orang PDP Poso dari hasil Swab negatif masih menunggu perkembangan apakah diperbolehkan pulang atau tetap dirawat.

“Satu yang positif pastinya tetap dirawat, yang empat hasil Swab negatif kita menunggu perkembangan dari pihak RSUD Anutapura Palu untuk bisa diperbolehkan pulang atau tetap masih dilakukan perawatan kita masih menunggu perkembangan,” jelasnya.

Marwan menambahkan, ketambahan satu pasien positif virus corona itu merupakan lima pasien dalam pengawasan (PDP) warga Kecamatan Lore Utara dan Lore Timur klaster Gowa, Sulsel yang saat ini dirawat di RSUD Anutapura Kota Palu.

Pihak Gugus Tugas Covid-19 Poso berharap, masyarakat jangan terlena tetap lakukan pencegahan, jaga jarak, pakai masker dan ikuti anjuran pemerintah agar kasus covid-19 tidak terus bertambah.

“Harapan kami dari Gugus Tugas masyarakat jangan terlena, tetap harus mawas diri jangan panik, tetap ikuti anjuran pemerintah jangan karena sudah ada yang sembuh masyarakat kemudian terlena dengan anjuran pemerintah,” harapnya.

Sebelumnya, kasus covid-19 di Kabupaten Poso, berkurang dari jumlah enam pasien terkonfirmasi positif, setelah satu orang dinyatakan sembuh. Namun saat ini kembali menjadi enam orang terkonfirmasi positif virus corona, setelah lima pasien PDP yang di rawat di Palu satu diantaranya dinyatakan terkonfirmasi positif. (RHM/LEE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here