Hasil Swab PCR Negatif, Lima OTG di Poso Sehat dan Dipulangkan

0
393
Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Poso, Darmin Agustinus Sigilipu (tengah), Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Posp, dr. Marwan Neno (Kanan) dan Kadis Kesehatan Kabupaten Poso, dr. N Taufan Karwur (kiri) saat konferensi pers tentang perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Poso, Rabu 6/5/2020) di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso. FOTO : IST

“Kasus positif covid-19 di Poso tidak bertambah tetap berjumlah 6 orang dan saat ini telah dilakukan evaluasi pemeriksaan, kondisi kesehatannya sangat stabil dan masih menjalani perawatan di RSUD Poso,” Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Poso, dr. Marwan Neno, Rabu (6/5/2020).

POSONEWS, Poso– Gugus tugas pengendalian, pencegahan dan penanganan Coronavirus Disease 2019 Kabupaten Poso,  menyatakan lima  Orang Tanpa Gejala (OTG) di daerah ini, dinyatakan  sehat dan tiga diantaranya diperbolehkan pulang.

“Lima OTG yang ada di Poso dinyatakan sehat dan diperbolehkan pulang,  setelah hasil swab PCR kedua yang diterima dari Balai Besar Laboratorium Makassar,  dengan hasil negatif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Poso,  dr. Marwan Neno didampingi Ketua Gugus Covid-19 Poso, Darmin Agustinus Sigilipu,  saat konferensi pers, Rabu (6/5/2020) petang di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso.

Marwan menyebutkan, pihaknya telah menerima dari hasil swab Polymerase Chain Reaction (PCR) dinyatakan negatif virus corona atau covid-19.

Data itu dirilis oleh Gugus Tugas Pencegahan Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso tanggal 6 Mei 2020.

“Jadi lima OTG hasil laboratorimu Makassar yang kami terima tanggal 2 Mei 2020 Swab nya negatif covid-19,” ungkap dr.Marwan

Marwan menjelaakan,  ke lima OTG tersebut sudah dilakukan Swab PCR sebanyak dua kali dan dinyatakan negatif covid-19.

Ke lima orang itu yakni Ny RM (30) Tn Al 20, Ny MR (51) sebelumnya dirawat dirumah sakit darurat hotel wisata dan pada tanggal 3 Mei 2020 telah dipulangkan dalam keadaan stabil.

Selain itu kata dia, dua OTG lainnya merupakan anak dan istri pasien 01 positif virius corona yakni Ny N (37) dan bayi (HW) 2 bulan berada di Jalan Kartini, Kelurahan Bonesompe, Kecamatan Poso Kota, juga hasil Swab dua kali negatif dan dalam kondisi stabil.

“Untuk kasus OTG di Poso kami berkurang lima orang,” jelasnya.

Sementara data kasus PDP Poso kini berjumlah 3 orang, selesai dipantau dua orang dan satu orang meninggal dunia. Untuk ODP 19 orang, selesai dipantau 16 orang, 1 ODP meninggal dunia penyakit kanker payudara bukan covid-19, saat ini ODP 2 orang.

Marwan menambahkan, terkait pelaku perjalanan total sebanyak 7.194 orang, selesai dipantau 6148 orang, saat ini dipantau 1.046 orang, sehingga pelaku perjalanan mengecil dan semakin sedikit aktiftasnya.

“Kasus positif covid-19 di Poso tidak bertambah tetap berjumlah 6 orang dan saat ini telah dilakukan evaluasi pemeriksaan, kondisi kesehatannya sangat stabil dan masih menjalani perawatan di RSUD Poso,” ujarnya.

Pihak Gugus Tugas Covid-19 Poso berharap, untuk warga Poso agar tidak membully dan mendiskriminasi bagi warga Poso yang masuk OTG, ODP, PDP maupun yang positif corona. Warga Poso tetap ikut anjuran pemerintah untuk terus memutus rantai penyebaran virus corona agar kasus covid-19 di Poso tidak bertambah. RHM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here