Kelurahan Tegalrejo Bentuk Tim Relawan Cegah Covid-19

0
Foto: Tim relawan cegah Covid 19 sambangi rumah rumah warga Tegalrejo (IST)
- Advertisement -

POSONEWS, Poso – Tim Relawan Cegah Covid-19 Kelurahan Tegalrejo yang baru saja dibentuk bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Tegalrejo, berkeliling menggunakan sepeda motor menghimbau masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus Corona, Jumat (24/4/2020).

Ketua tim relawan, Adriyanto Saleh mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pencegahan dini virus corona sesuai dengan himbauan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Dalam hal ini, pihaknya turun langsung menemui warga memberikan himbauan untuk bekerjasama mencegah penyebaran virus Corona.

“Sasaran kami adalah warga yang baru datang dirumahnya baik keluarga maupun yang bukan, untuk kami ingatkan agar taat melaksanakan karantina mandiri di rumah selama 14 hari,” jelas ketua tim relawan Ardiyanto Saleh yang juga Lurah Tegalrejo.

- Advertisement -

“Kami berharap masyarakat mau bekerjasama dengan melaporkan kepada kami bila kedatangan atau menerima anggota keluarga yang berasal dari luar daerah agar segera kami data,” tambahnya.

Untuk seluruh masyarakat Tegalrejo, Adriyanto berpesan, agar bisa menghindari tempat-tempat keramaian, membiasakan mencuci tangan sesering mungkin sehabis beraktivitas, menjaga kebersihan lingkungan yang sehat dan bersih serta selalu menggunakan masker bila keluar rumah.

Sementara itu, Juru bicara (Jubir) tim relawan cegah Covid -19 Tegalrejo, Abdul Kadir Abdjul menuturkan, pertanggal 24 April 2019, warga baru di kelurahan Tegalrejo berjumlah 17 orang dan yang akan berencana datang sekitar tujuh orang.

Angka ini, kata Abdjul, akan bertambah khususnya warga tegalrejo yang berada di luar Kabupaten Poso maupun keluarga dari masyarakat yang akan kembali kesini.

Untuk warga baru yang ada dikelurahan ini, lanjut Abdjul, berasal dari daerah yang berebeda. Yakni, Manado, Morowali, kota Palu bahkan ada yang dari Kalimantan.

“Oleh karena itu, kami meminta kepada masyarakat agar bisa menyampaikan kepada keluarganya yang berada di luar Poso yang berencana akan datang ke Tegalrejo untuk menunda rencana kedatangannya sampai wabah ini selesai,” terangnya.

Ditambahkannya, tim Relawan Cegah Covid-19 Tegalrejo yang baru saja terbentuk ini atas inisiatif warga dan pemerintah serta didukung oleh Bhabinkamtibmas serta Babinsa.

“Sementara langkah awal yang kami lakukan adalah mendata warga baru yang sedang dan berencana akan masuk ke kelurahan ini, memastikan kepada warga yang baru datang agar mematuhi himbauan, yaitu mengkarantina mandiri dirumah selama 14 hari serta mengawasi pergerakan orang khususnya yang keluar masuk dan melintas di kelurahan ini, mengingat jalan lintasan di Tegalrejo ini menjadi jalan alternatif,” imbuhnya.

Untuk diketahui, tim relawan ini juga melibatkan bidan desa dan tenaga kesehatan kelurahan, sehingga data dan informasi terkoneksi dengan pihak Puskesmas.(**)

- Advertisement -