95 Anggota PPK Pemilu 2024 di Lantik

0

POSONEWS.ID – Sebanyak 95 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng), dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Poso.

Giat yang berlangsung di Ancyra Hotel Rabu (4/1/2023) itu, dihadiri Bupati Poso dr Verna GM Inkiriwang, Kapolres Poso AKBP Rentrix Riyaldi, Dandim 1307 Poso Letkol Inf. Hasroel Tamin, Komisioner Bawaslu Poso, Ketua KPU Poso serta undangan lainnya.

Ketua KPU Poso Budiman Maliki mengatakan, anggota PPK yang terpilih ini nantinya akan bertugas di Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

Hal ini menunjukkan bahwa KPU selaku penyelenggara tidak bisa bekerja sendiri, melainkan butuh bantuan dari para stakeholder maupun jajaran terkait lainnya.

Sesuai pasal 434 UU No 7 tahun 2017, lanjut Budiman, pemerintah daerah mempunyai kewajiban untuk mengawasi maupun membantu berjalannya proses Pemilu dengan baik.

“Sehingga melalui sinergitas antar lembaga akan menghasilkan suksesnya pesta demokrasi yang akan berjalan nanti,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Poso dr. Verna GM Inkiriwang menambahkan, Pemilu bukan hanya sekedar mencoblos, tetapi untuk membangun peradaban berdemokrasi.

“Karena kita ketahui semua komponen bangsa itu harus diperlakukan sama tanpa ada diskriminalisasi ketika mereka menyalurkan hak politiknya,” imbuhnya.

Olehnya, semua pihak harus bersama sama memiliki kesadaran untuk menciptakan iklim politik yang aman, damai, sejuk, tenteram dan toleran.

“Mari kita semua elemen bangsa untuk bergandengan tangan dalam mensukseskan Pemilu serentak 2024,” ajak Bupati Verna.

Bupati Poso juga mengucapkan selamat kepada para anggota PPK yang telah dilantik saat ini.

“Jalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan berdedikasi tinggi dalam menyelenggarakan pesta demokrasi. Sehingga Pemilu 2024 nanti akan membawa kedamaian di daerah Sintuwu Maroso tercinta,” tandasnya.

Selanjutnya, kegiatan dilakukan dengan pembacaan SK No. 3186 PP.04.1/7202/2022 tentang penetapan dan pengangkatan PPK untuk Pemilu serentak 2024, oleh Ketua KPU Poso sekaligus pengambilan sumpah dan janji serta penandatanganan pakta integritas.(*)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here