Kompensasi Beras di 16 Desa Sudah Terealisasi, Agus: Tinggal Dua Desa Lagi Masih Menunggu Verifikasi Data

0
225

PosoNews.id, Poso- PT. Poso Energy (PE) sudah merealisasikan kompensasi terhadap masyarakat adat Pamona atas kerugian sawah akibat luapan Danau Poso.

Koordinator CSR PT. Poso Energy, Agus Syamsi menyebutkan, tercatat progres penyelesaian telah mencapai 82,5 persen yang telah menerima kompensasi beras 10 Kg per are.

“Jadi dari 18 desa yang ada di empat kecamatan itu, sudah 16 desa yang telah diselesaikan atau menerima kompensasi beras dari pihak PT. Poso Energy,” sebutnya.

Dilanjutkannya, bahwa dari 16 desa yang sudah terealisasi, pihak PE telah menggelontorkan beras sebanyak 300 ton kepada pemilik sawah yang terdampak.

“300 ton itu merupakan jumlah keseluruhan dari 10 Kg per are, yang diterima masyarakat terdampak,” jelasnya kepada media ini, Sabtu (25/12/2021).

Sementara untuk penyelesaian hewan ternak yang juga ikut terdampak, kata Agus, sudah 100 persen direalisasikan oleh pihaknya.

“Ada pun nominal harga yang kami bayarkan. Yaitu, Rp.6 juta untuk kerbau indukan, Rp.5 juta kerbau dewasa, Rp.3,5 juta kerbau anakan, Rp.5 juta sapi indukan dan Rp.2,5 juta untuk sapi anakan,” terangnya.

Menurutnya, pembagian ini merupakan hasil kesepakatan dari proses mediasi, yang dilakukan oleh pihak perusahaan dan warga bersama Pemkab Poso.

Sebelum merealisasikan kompensasi terhadap warga yang terdampak, tambah Agus, pihak perusahaan terlebih dahulu melakukan proses verifikasi lapangan.

Dimana, petugas PT. Poso Energy bersama pemilik sawah didampingi PPL desa setempat, melakukan pengukuran faktual terhadap luasan sawah yang terdampak.

Selanjutnya, hasil verifikasi disetiap desa mendapatkan persetujuan Kepala desa (Kades), untuk dilakukan proses serah terima kompensasi yang bertempat di desa masing-masing. Dan disaksikan pemerintah desa, tokoh masyarakat serta petugas PPL.

“Ini merupakan pemberian kompensasi program jangka pendek tahap pertama, adapun program jangka panjang masih dalam proses pembahasan bersama tim mediasi Pemkab Poso,” imbuhnya.

Diketahui, hingga saat ini proses mediasi dan verifikasi masih sementara berjalan di dua desa. Yaitu Desa Dulumai dan Meko.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here