Tangkal Paham Radikalisme Lewat Keserasian Sosial

0
134
Bimbingan dan pelatihan proses pembuatan pupuk organik Bokasi di depan kantor desa Sintuwu Lemba Kecamatan Lage (Foto:Ishaq)

PosoNews.id, Poso- Salah satu bentuk keserasian sosial dalam mengembangkan ekonomi masyarakat desa, Forum Keserasian Sosial (FKS) bersama pemerintah desa menggelar pelatihan pembuatan pupuk organik Bokashi.

Giat yang dilaksanakan di Desa Sintuwu Lemba Kecamatan Lage Kabupaten Poso itu, atas kerjasama Kementerian Sosial (Kemensos) RI bersama Badan Penangulangan Nasional Terorisme (BNPT) serta pemerintahan daerah.

Ketua FKS Poso Yopi Hary mengatakan, bahwa program ini juga bagian dari upaya pemerintah dalam menangkal berbagai perkembangan radikalisme di negeri ini.

Program ini juga, kata dia dapat mendorong kemandirian masyarakat dengan tepat. Karena adanya partisipasi elemen masyarakat untuk membangun kemandirian sosial dan ekonomi masyarakat itu sendiri.

“Kami meyakini kemandirian masyarakat, baik secara ekonomi dan sosial akan sangat bisa dicapai melalui program ini,” kata Yopy usai kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Desa Sintuwu Lemba, Sabtu (9/10/2021).

Ditambahkan, pihaknya sangat optimisme akan kebehasilan program ini. Karena nantinya setiap kegiatan akan di sinergikan dengan perencanaan di kelembagaan desa.

Sementara Fasda Sinergitas Antar Kementerian/Lembaga, Muh. Ridwan menambahkan, jika program ini berkesinambungan secara masif dan komprehensif, outputnya dapat dengan efektif meminimalisir berkembangnya paham radikal serta dapat mencetak generasi-generasi unggulan di desa untuk tetap menjaga situasi dan kondisi yang harmoni.

“Jadi, dengan adanya program keserasian sosial, masyarakat di desa ini semakin menyatu. Dan paham paham radikal itu dengan sendirinya akan hilang,” tutupnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here