Akibat Gempa Sulbar Aliran Listrik Padam dan Jaringan Selular Tidak Stabil

0
126

POSONEWS.ID, SULBAR – Gempa dengan berkekuatan Magnitute 6,2 SR yang terjadi pada hari Jumat, 15 Januri 2021 di Sulawesi Barat (Sulbar), mengakibat aliran listrik padan dan jaringan selular terputus.

Gempa Magnitute 6,2 SR yang terjadi Jumat, 15 Januari 2021, Pukul 01:28:17 WIB atau 02.28.17 Wita itu, berokasi di 2.98 LS, 118.94 BT atau 6 km Timur Laut Majene -Sulbar, dengan Kedalaman 10 Km

Informasi yang dihimpun dari Sulbar, selain merusak aliran listrik dan jaringan selular, gempa juga menimbulkan korban jiwa serta merusak fasilitas umum lainnya.

Data yang dihimpun sementara, hingga Jumat pukul 11.00 Wita, korban jiwa di Kabupaten Majene yakni 8 orang meninggal dunia, ±637 orang luka-luka, ±15.000 orang mengungsi serta
10 titik pengungsian.

Ke 10 titik pengungsian itu yakni Desa Kota Tinggi, Desa Lombong, Desa Kayu Angin, Desa Petabean, Desa Deking, Desa Mekata, Desa Kabiraan, Desa Lakkading, Desa Lembang, Desa Limbua di Kecamatan Ulumanda, Kecamatan Malunda dan Kecamatan Sendana.

Selain itu juga dilaporkan Longsor terjadi di 3 titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju (akses jalan terputus), 300 unit rumah rusak (dalam pendataan), 1 unit Puskesmas Rubuh (RB), 1 Kantor Danramil Malunda (RB), jaringan listrik padam dan komunikasi Selular terputus-putus/tidak stabil.

Sementara di Kabupaten Mamuju kerugian materil juga terjadi seperti Hotel Maleo Rubuh (RB), Kantor Gubernur Sulbar (RB), Rumah warga rusak (dalam pendataan), RSUD Mamuju (RB), 1 unit Minimarket (RB) dan aliran listrik padam serta jaringan selular terputus atau tidak stabil.

Atas bencana gempa bumi itu pihak terkait dalam hal ini
BPBD Kabupaten. Majene, Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Polewali Mandar melakukan pendataan dan mendirikan Tempat Pengungsian.

BPBD setempat berkoordinasi dengan TNI – Polri, Basarnas, Relawan dan Instansi terkait lainnya dalam upaya penanganan pascagempa.

Adapun kebutuhan mendesak yang dibutuhkan warga Sulbar atau korban gempa bumi di sejumlah lokasi di Sulbar antara lain Sembako, Selimut dan Tikar,Tenda Pengungsi, Pelayanan Medis,Terpal, Alat Berat/Excavator, Alat Komunikasi, Makanan Pokok/Siap Saji, Masker, Obat-obatan dan Vitamin serta keperluan bayi dan balita.

Sebelumnya dilaporkan, Gempa dengan Magnitute 5,9 terjadi pada Kamis, 14 Januari 2021 pukul 14:35 Wita dan Gempa dengan Magnitute 6,2 SR terjadi pada Jumat,15 Januri 2021 pukul 02:28 Wita.

UNTUK INFORMASI GEMPA BUMI SULBAR DAPAT MENGHUBUNGI :

*PUSDALOPS-PB BNPB
Nomor Pengaduan / Call Center : 117 (Bebas Pulsa)
Instagram : pusdalops_bnpb , Twitter : @Bnpbpusdalops (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here