Cegah Covid-19, Pasar Ramadan Poso Tahun Ini Ditiadakan

0
274
Foto: Kadis Kumperindag Poso, Rama Tandawuya

POSONEWS, Poso – Pemerintah Daerah (Pemda) Poso, Sulteng memastikan di bulan suci ramadhan 1441 hijriah tahun 2020 meniadakan pasar ramadhan untuk masyarakat di wilayah Poso. Hal itu dilakukan pemerintah sebagai upaya serius mencegah virus corona atau covid-19 selama bulan puasa.

Kadis Koperasi, UMKM dan Perdagangan Poso, Rama Tandawuya mengatakan, sesuai instruksi bupati Poso dalam mencegah virus corona selama bulan puasa Pemda Poso tak lagi menyediakan pasar ramadhan untuk pelaku kuliner.

“Saya selaku Kadis Kumperindag Poso memberikan himbauan kepada pelaku kuliner, penjual makanan minuman yang sering melakukan kegiatan dipasar ramadhan setiap tahunnya, berkaitan dengan kondisi dunia sekarang bahkan Indonesia, hingga wilayah Poso terkait corona. Di puasa tahun 2020 ini saya tegaskan Pemda Poso tidak lagi memfasilitasi pasar ramadhan,” kata Rama Tandawuya saat diwawancarai wartawan, Selasa (21/4/2020).

Keseriusan Pemda Poso tidak lagi menyediakan pasar ramdhan di tahun ini, mengingat wilayah Poso sudah ada warga terkena virus corona dan adanya PDP, sehingga pemerintah tidak menginginkan jumlah PDP maupun yang positif corona bertambah.

“Perlu diketahu saat ini di Poso ada warga PDP hingga warga yang positif corona, lebih baik kita menjaga jarak, menjaga keselamatan kita agar tidak terkontaminasi virus corona agar PDP di Poso tidak lagi bertambah,” ucapnya.

Meskipun tidak adanya pasar ramadhan, warga maupun pelaku kuliner yang ingin berjualan takjil buka puasa pihak Pemda Poso tidak melarang, bisa berjualan di wilayah masing-masing, berjualan dirumah atau berjualan secara online.

“Untuk masyarakat yang mau menjual untuk menambah ekonomi, silahkan berjualan di wilayah masing-masing, dirumah sendiri atau berjualan secara online. Tapi tetap ikuti anjuran pemerintah pakai masker, pakai sarung tangan, jaga jarak dan tidak berkumpul,” jelasnya.

Sementara di bulan puasa 1441 hijirah ini pemerintah Poso menyediakan pasar murah bagi warga yang ingin membutuhkan bahan pangan.

Kadis menambahkan, saat ini, harga bahan sembako hingga stok dipastikan aman selama bulan puasa.

Tak hanya pasar ramadhan ditiadakan, pasar malam jelang Idul Fitri 1441 hijriah juga ditiadakan Pemda Poso. (RD/RHM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here