Diskumperindag Touna Ajukan Dana Rp 3 Miliar ke Kemenperin RI untuk Kembangkan IKIM

0
- Advertisement -

PosoNewd.id, TOUNA,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tojo Una-Una (Touna) melalui Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag) terus menggenjot perkembangan industri kecil dan industri menengah (IKIM) di daerah tersebut, salah satunya yang ada di Desa Uebone, Kecamatan Ampana Tete.

Salah satu upaya untuk menggenjot perkembangan industri kecil industri menengah tersebut dengan mengajukan usulan ke pemerintah pusat melalui Kementerian Perindustrian RI, guna membantu industri kecil menengah dari segi permodalan.

Kepala Bidang Perindustrian Kumprindag Pemda Touna Hasim Apdul Muis mengatakan, hampir sebagian industri kecil menengah di daerah ini masih berjalan namun terkendala habisnya bahan baku dan akibat pandemi Covid-19.

- Advertisement -

“Kita melalui pemerintah daerah pada tahun 2021 mendatang mengajukan anggaran baru sekira Rp 3 miliar lebih ke pemerintah pusat, untuk kelanjutan proyek IKIM tersebut,” akunya, Jumat (6/11/2020).

Dia menjelaskan, usulan tambahan anggaran itu untuk penambahan pengadaan mesin kerja untuk industri kecil dan industri menengah.

Dia menyebutkan, saat IKIM yang ada, sementara masih tertunda dan baru diaktifkn kembali ditahun 2021, hal ini dikarenakan bahan baku yang habis.

“Insya Allah kita akan aktifkan kembali industri kecil menengah tahun depan, karena Pemda akan menyiapkan bahan bakunya berupa kayu dan lainnya,” ujarnya.

Dia berharap, usulan Pemkab Touna ke pihak pemerintah pusat, dapat direalisasikan pada tahun 2021 oleh Kementerian Pendustrian RI, sehingga IKIM di daerah ini terus berkembang dan dapat memberikan kontribusi bagi daerah ini dari segi pendapatan asli daerah (PAD).

” Kesediaan Pemkab Touna untuk membantu bahan baku bagi IKIM, agar hasil kerja IKIM ini dapat dijual ke keluar daerah,” tandasnya. (RHM)

- Advertisement -