Banjir Rendam Sejumlah Wilayah Kota Poso

0
236

POSONEWS, Poso – Hujan lebat yang mengguyur Kota Poso sejak Rabu malam hingga Kamis (30/4) siang, mengakibatkan sejumlah wilayah di dalam Kota Poso terendam banjir.

Banjir mengakibatkan air sungai Poso meluap hebat hingga merendam sejumlah pemukiman warga.

Salah satu wilayah yang terdampak banjir akibat luapan sungai Poso adalah Kelurahan Sayo, Kelurahan Kawua, Lembomawo dan Ranonuncu di Kecamatan Poso Kota Selatan.

Selain itu banjir juga merendam sebagian wilayah pemukiman warga di Kelurahan Gebangrejo dan Kayamanya Poso Kota.

Di Kelurahan Sayo Kecamatan Poso Kota Selatan misalnya, ketinggian air hampir mencapai satu meter atau setinggi paha orang dewasa.

Sebagian warga yang tinggal di bantaran sungai Poso terpaksa harus mengevakuasi barang barang berharga untuk diselamatkan.

Warga mengakui banjir luapan sungai Poso kali ini terbilang cukup besar dibanding banjir pada tahun tahun sebelumnya.

“Memang kali ini banjirnya cukup besar. Air sungai terlihat sangat keruh berwarna coklat dan arusnya sangat kencang,” kata Ramli salah seorang warga Kelurahan Sayo.

Ia mengakui luapan sungai Poso mulai terjadi pada Rabu malam hingga Kamis pagi. Warga mengaku memilih untuk tidak tidur dan berjaga jaga jikalau air meluap hingga masuk ke pemukiman.

“Kami semalam tidak tidur sambil mengamati sungai poso yang terus meluap. Ternyata betul, sekitar subuh tadi air sudah mulai menggenangi pemukiman warga, khususnya yang tinggal di tepi sungai,” akunya.

Selain merendam sejumlah pemukiman warga, banjir juga mengakibatkan kerusakan sejumlah perahu nelayan di Kelurahan Sayo dan Bonesompe.

Perahu yang terparkir di sepanjang Sungai Poso itu mengalami kerusakan, bahkan ada yang hanyut hingga ke laut.

“Perahu saya tinggal setengah karena dihantam banjir. Sayap perahu patah, bahkan mesinnya tenggelam. Ada juga beberapa perahu yang hanyut terbawa arus deras sungai Poso akibat banjir,” kata Yadi salah seorang pemilik perahu di Kelurahan Bonesompe.

Pantauan media ini, selain merendam sejumlah wilayah Kota Poso, banjir juga terjadi di sebagian wilayah Kecamatan Lage dan Kecamatan Poso Pesisir Selatan.

Pemerintah Kabupaten Poso melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah, langsung turun lapangan memberi pertolongan kepada warga terdampak banjir.

BPBD juga melakukan pendataan sejumlah kerusakan yang muncul pasca banjir.

Sementara itu Bupati Poso Darmin Sigilipu Kamis (30/4) bersama sejumlah pimpinan OPD terkait meninjau langsung sejumlah wilayah yang terdampak banjir.

“Sore ini pak Bupati dan rombongan akan langsung meninjau lokasi banjir di sejumlah wilayah,” kata Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Poso I Wayan Susanto. (ULY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here